Contoh Naskah Drama Tentang Kesehatan

Naskah Drama Tentang Kesehatan 6 Orang Pemeran - Jangan pernah mencoba merokok. Karena terdapat zat-zat adiktif yang cenderung membuat kecanduan si pemakainya. Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif pun sudah pasti mendapat dampak lebih buruk. Jangan sampai kita kehilangan orang-orang yang kita sayangi karena korban dari merokok. Contoh naskah drama di bawah ini semoga dapat dijadikan pelajaran agar menjauhi merokok.

Tema: Kesehatan

Judul: No Smoking

Pemeran:

1. Elmi
2. Cilla
3. Rika
4. Farel
5. Iin
6. Ika

SINOPSIS
Elmi sangat saya pada teman-teman sekolahnya. Ketika Cilla memintanya untuk menerimanya tinggal di tempatnya, Elmi menyetujui tanpa syarat. Kebiasaan Cilla merokok tidak sadar membuat kesehatan Elmi, yang perokok pasif tiba-tiba menurun. Ia sesak dan batuk-batuk tak terhenti. Tapi Cilla sama sekali tak menyadari kesalahannya. Lalu apa yang terjadi dengan Elmi kemudian?

DIALOG
Pada hari pertama liburan sekolah, Cilla teman Rika sedang duduk di taman sambil merokok disebelah Elmi.
Elmi : “Mmm…. Cilla loe gak ngerasa sesek apa,, ngehabisin 1 pack rokok?

Cilla bersikap cuek.
Cilla : “Nggak, kenapa? Ngerasa risih?”
Elmi : “Iyalah. Gue ngerasa bengekan tau gak!”
Cilla : “Emang gue pikirin. Gue mau sms Ika, Iin, dan Farel dulu,gue suruh mereka ke sini, mumpung malam minggu.”
Elmi : “Oke….tapi mereka kalau tau loe ngerokok gimana?

Cilla jusru membentak.
Cilla : “Diem loe…!”

Tak lama kemudian Ika, Iin, dan Farel datang. Mereka pun kaget melihat Cilla merokok.
Iin : “Oh my god….. Cilla!”
Ika : “Sejak kapan loe ngerokok… gak banget tau!”
Farel : “Loh….loh…. loe kok merokok?”
Cilla : “Kalo iya kenapa? Hak gue dong! Gak boleh? Udah deh gak usah dibahas.”

Lima menit berlalu, Rika menyusul datang. Ia kaget melihat Cilla merokok
Rika : “Hei…hei.. wow Cilla!”
Cilla : “Apa???”
Rika : “Ih gak banget loe merokok. Bahaya, mendingan beli lollipop yang mahal seharga 100 ribu, daripada beli rokok yang gak banget.”
Cilla : “Sombong banget loe!”
Rika : “Kalo emang iya!! Masalah buat loe...?”
Elmi : “Udahhhh... Udah... jangan pada bertengkar gitu.”
Iin : “Cilla,, merokok tuh bahaya.”
Farel : “Yaa betul kata Iin.”
Ika : “Asap rokok tuh lebih bahaya bagi yang menghirup. Bisa menyebabkan kematian!”
Rika : “Betul tuh...”
Iin : “Eh, by the way rokokenak kagak? Sini gue mau coba!!!”
Elmi : “Dongo, lemot atau autis loe…???”
Iin : “Gue kan cuma…”

Ucapan Iin kepotong.
Cilla : “Halaaa cerewet loe loe pada!!”
Rika : “Diem kenapa! Biarin aja apa yang terjadi ntar. Yang ngerasain akibatnya Cilla juga.”
         
Mereka berbincang-bincang hingga tak sadar sudah pukul setengah sepuluh malam,Rika mengajak pulang teman temannya.
Rika : “Woii… guys now 09.30 o’clock. Come on go home…”
Teman – teman : “Yo’a besok kita ketemu lagi.”

Semua teman-teman sudah pulang, tapi Elmi dan Cillamemili tidak pulang dulu.
Elmi : “Gak pulang?”
Cilla : “Gue boleh tinggal dirumah loe? Please!!!”
Elmi : “Lah Kenapa Cil, kok tumben loe mau tinggal dirumah gue?”
Cilla : “Heee.. soalnya gue belum bayar uang kost.”
Elmi : “Oke,come on…”

Selama berminggu-minggu Cilla tinggal dirumah Elmidan membawa kebiasaan buruknya yaitu merokok. Suatu hari terjadi sesuatu dengan Elmi karena tidak seperti biasanya Elmi terliha pucat dan sesak nafas.
Elmi akhirnya menelpon Rika, dengan nafas yang agak sesak dan batuk-batuk.
Elmi : “Hallo kris.. Loe bisa kerumah gue sekarang? Penting banget!”
Rika : “Ngapain? Gue lagi breakfast nich, nanggung! Tapi loe kok sesak gituu… kenapa?”
Elmi : “Selama Cilla tinggal dirumah gue, dia selalu merokok dan kayaknya gue menghirup asap rokoknya Cilla. Kondisiku saat ini tidak memungkinkan mungkin umur gue gak panjang lagi.”
Rika : “Bercanda loe ah, tapi mending loe ke dokter aja deh!! Gue jadi khawatir. Kenapa, gak punya duit??”
Elmi : “Please kris!! kesini demi gue…”
Rika : “Ya ampun ini anak, jangan bikin gue makin cemas. Oke-oke wait. Gue meluncur ke sana sekarang.”

Sementara Cilla tertidur, Elmi sedang duduk di ruang tamu rumahnya. Beberapa saat kemudian Rika tiba dan melihat keadaan Elmi yang lemas.
Rika : “Ya ampun Elmi,, Loe kenapa sih kok begini?”

Rika memegang tangan Elmi yang terkulai.
Elmi : “Gue udah gak kuat lagi kris. Gue nitip salam sama temen temen yaa…. Terutama Cilla.”
Rika  : “Ya Tuhan, beneran sekarat ini anak... Elmi loe jangan ngomong gitu, kita ke rumah sakit sekarang El!”
Tapi Elmi justru memegang tangan Rika, mengisyaratkan untuk tidak pergi ke dokter. Elmi lalu memutuskan untuk mengabari teman-temannya. Beberapa saat kemudian Ika dan kawan kawan tiba dan pada saat itu juga Cilla yang sedang tidur akhirnya bangun.
Ika : “Elmi, Rika!”
Farel : “Ada apa ini?”
Iin : “Hei…. Elmi kenapa?”
Rika : “Tolongin Elmi guys…”

Cilla datang dengan rambut masih berantakan dan rokok yang baru akan dinyalakan.
Cilla : “Loh temen temen lagi ngapain?”

Semua perhatian beralih ke Cilla dengan pandangan sinis.
Rika : “Paraah loe Cill, gue benci ma loe!!”
Cilla : “Loh kena…”

Pertanyaan Cilla terpotong.
Elmi : “Sudah jangan bertengkar dihari terakhir gue. Gue emang hidup hanya sebatang kara tapi gue merasa punya keluarga yaitu kalian.”
Ika : “Loe jangan ngomong kayak gitu El?”
Elmi : “Cilla, gue pesen sama loe, jangan lagi merokok. Gue sayang loe dan gue gak mau loe kayak gue sekarang. Maaf guys, gue harus ninggalin kalian.”
Rika : “No…. no….no…. Elmi bangun...!”
Farel : “Elmi...!!!”
Ika : “Gue sayang loe, bangun please!!!”
Rika : “Cilla, sialan loe ya... Sekalian aja bunuh gue pakek rokok loe…!”

Cilla hanya diam mematung, memandangi Elmi yang tak berdaya. Air matanya mulai menetes.
Cilla : “Gue...gue... minta maaf El!! Elmi bangunnnn.......!”
Cilla : Maafin gue ….. please!!

Teman temannya tidak menjawab, hanya Rika yang menjawab.
Rika : “Jangan minta maaf sama gue tapi minta maaf sama Elmi dan Tuhan, gue dan temen temen udah maafin loe.. Asalkan...”

Ucapan Rika terpotong.
Ika : “NO SMOKING!!!”

Cilla memeluk teman-temannya, juga Elmi yang kini sudah tak bernyawa. Air matanya masih deras mengalir.
Cilla : “Elmi maafin gue…!!! Gue juga sayang sama loe. Gue janji, nggak akan merokok lagi. Ya Tuhan, kumohon jaga Elmi sahabat kami. Ini kesalahan besar saya.”
Rika : “Love you Elmi...”

Rika mulai menangis memeluk Elmi. Diikuti oleh teman-temannya.
Teman-teman : “Good bye Elmi, LOVE YOU.”

SELESAI

Baca juga:



Demikian contoh teks drama 6 orang tentang kesehatan, semoga bermanfaat bagi Anda.



0 Response to "Contoh Naskah Drama Tentang Kesehatan"

Posting Komentar

close